DESA MOJOAGUNG KECAMATAN TRANGKIL MENJADI SALAH SATU DESTINASI DESA WISATA RELEGI DAN OLAHRAGA DI KA
DESA MOJOAGUNG SEBAGAI DESA WISATA RELIGI DAN OLAHRAGA, KECAMATAN TRANGKIL, KAB. PATI

Kamis, 14 Jul 2022 | 08:52:37 WIB - Oleh Kecamatan Trangkil


Dalam ajang penilaian Desa Wisata Kabupaten Pati Tahun 2022, Desa Mojoagung Kecamatan Trangkil menawarkan potensi wisata di bidang olahraga atau sport tourism.

Perlu diketahui, di wilayah desa tersebut terdapat pusat akademi olahraga sepak bola terbesar di Kabupaten yakni Safin Pati Football Academy (SPFA).

Kepala Desa Mojoagung, Susilo Budi mengungkapkan bahwa pihak desa telah melakukan koordinasi dengan pemilik kawasan olahraga sepak bola tersebut, yakni Saiful Arifin (Safin) yang juga merupakan Wakil Bupati Pati.

Menurutnya, Saiful Arifin mendukung penuh upaya Desa Mojoagung untuk menjadikan daerah tersebut sebagai Desa Wisata.

“Iya, meskipun itu milik pribadi, tapi kita sudah koordinasi dengan Pak Safin. Beliau sangat merespon baik upaya kami. Makanya pada kesempatan kali ini kami undang beliau, termasuk terkait fasilitas untuk penyelenggaraan penilaian ini,” katanya saat diwawancarai Mitrapost.com pada Senin (28/3/2022).

Selain sport tourism, Desa Mojoagung juga menawarkan destinasi wisata religi dan sejarah. Destinasi wisata religi itu di antaranya Petilasan Eyang Sukeni dan Petilasan Mbah Sukmonyono.

Di lokasi tersebut terdapat destinasi wisata sejarah, yakni petilasan tiga pohon yakni Mojosemi, Mojoasem dan Mojoagung yang menjadi asal-usul desa tersebut.

“Iya, agendanya nanti kita akan datangi potensi-potensi wisata. Ada petilasan dan punden. Di sana akan disambut dengan penampilan karawitan dari Desa Mojoagung ini,” tambahnya.

Dalam agenda penilaian desa wisata tersebut juga ditampilkan beberapa hasil UMKM desa yang telah berkembang.

Selain itu, tim penilai juga diberi kesempatan untuk mendatangi sentra pusat oleh-oleh makanan ringan di Kabupaten Pati.

“Iya di sini ada juga pabrik yang memproduksi makanan ringan sebagai pusat oleh-oleh nantinya. Dan itu nanti akan menjadi salah satu tawaran unggulan di desa kami,” pungkasnya. (*)